Resep Membuat Kerupuk Ikan Renyah, Gurih, dan Super Kriuk

Siapa yang tidak kenal dengan kerupuk ? Cemilan renyah nan gurih ini merupakan makanan favorit masyarakat Indonesia maupun Mancanegara yang sudah mencicipi rasanya. Sepertinya tidak ada bosannya ya masyarakat dengan kerupuk.  Seringkali kerupuk juga dimanfaatkan sebagai lauk makan paling enak. Ibarat pepatah kurang lengkap kalau makan nasi nggak pakai krupuk.

Kerupuk di Indonesia memiliki banyak jenis dan variasi rasa, salah satunya adalah kerupuk seblak morang moreng snack varian lain dari keripik pedas morang moreng snack. Dan kali ini mimin akan membagikan resep bagaimana resep membuat kerupuk ikan renyah dan gurih super kriuk.

Resep Membuat Kerupuk Ikan Renyah, Gurih, dan Super Kriuk

Bahan  :

  • Lumatan daging ikan segar 1kg/1000 gr

Bahan pembantu dan bahan tambahan  :

  • Tepung tapioka 4kg/4000 gr
  • Garam 125 gr
  • Bawang putih   125 gr
  • MSG 35 gr
  • Gula halus 25 gr
  • Soda kue    5 gr

Cara membuat :

  1. Daging ikan dilumatkan dengan menggunakan alat pelumat daging (grinder) atau dilumatkan secara manual dengan cara dicincang menggunakan pisau.
  2. Daging ikan yang sudah lumat kemudian ditambahkan garam, bawang putih yang sudah dihaluskan, gula, 0.7% vetsin, soda kue .
  3. Perbandingan antara daging ikan dan tepung tapioca dalam pengolahan kerupuk ini adalah 1:4.  Ambil tepung sebanyak 10% dari jumlah tepung kemudian larutkan dalam air dingin hingga tepung larut dalam air (jumlah air yang digunakan sesuai dengan jumlah tepung yang akan dilarutkan).
  4. Panaskan air (+ 50 % dari total jumlah tepung dan ikan yang digunakan) hingga mendidih, selanjutnya tuang air panas tersebut sedikit demi sedikit ke dalam tepung yang sudah dilarutkan, sambil diaduk cepat sampai larutan tepung menjendal menyerupai lem yang berwarna putih bersih. Air panas yang disediakan tidak selalu harus habis, penambahan air dihentikan pada saat larutan sudah mulai menjendal.
  5. Campurkan bubur ikan kedalam tepung yang sudah dilarutkan dan diaduk, kemudian tambahkan tepung tapioka sedikit demi sedikit serta diaduk sampai rata.  Penambahan tepung dilakukan sampai adonan bila dipegang tidak lengket di tangan.
  6. Cetak adonan sesuai dengan bentuk yang diinginkan.
  7. Kukus adonan selama 30 menit atau sampai matang.  Kerupuk dianggap matang bila adonan yang dikukus ditusuk dengan lidi tidak lengket.  Kemudian kerupuk didinginkan pada suhu ruang selama 1 malam.  Hal ini dimaksudkan agar kerupuk menjadi keras dan memudahkan dalam proses pemotongan.
  8. Kerupuk yang sudah kering dipotong-potong sesuai dengan ketebalan yang diinginkan. Selanjutnya dilakukan pengeringan dengan penjemuran di bawah sinar matahari dengan menggunakan para-para sampai kering.  Lama pengeringan kira-kira satu sampai dua hari.
  9. Setelah kerupuk kering, kemudian dilakukan penggorengan dengan pemanasan pada suhu 200ºC atau sampai kerupuk mengembang

Catatan : Ikan yang paling baik dibuat kerupuk adalah jenis ikan dengan tekstur daging lembut dan memiliki kadar air serta kadar minyak yang sedikit (Contoh : Tenggiri, Marlin, Gabus, Belida, dll)

Selmat mencoba ladies, semoga bermanfaat… jangan lupa cobain juga resep membuat keripik cimol khas Bandung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *