Manfaat Bawang putih yang biasa di pakai oleh bumbu snack memiliki banyk manfaat bagi tubuh

Bawng Putih

Bawang Putih merukan rempah rempah indonesia yang mempunyai cita rasa yang tinggi,  selain digunakan supaya bumbu masakan rempah jenis ini juga sering digunakan untuk penambah cita rasa dari makanan ringan atau snack, yang sering kita jumpai di toko, supermart, di warung warung, bahkan di online shop – online shop saat ini,

Remapah rempah indonesia memang sangat kaya, tak heran kuines khas indonesia sangat banyak jenisnya, mulai dari ayam bakar nusantara, sampai makanan ringanpun menggunakan rempah yang bisa menciptakn cita rasa tingg,  banyak sekali snack aneka keripik pedas yang di produksi dengan tambahan bumbu atau rempah jenis bawang yang sangat bermanfaat seperti pada produsen morang moreng snack yang terkenal pedas dan banyak rasa itu,

Bawang Putih yang sering digunakan di aneka keripik pedas memang memiliki banyak manfaat yang sangat bagus supaya kesehatan manusia, yuukk kita simak bebeapa manfaat dari bawang putih tersebut…

  1. Menangkal pilek

Salah satu manfaat bawang putih adalah meningkatkan sistem imun tubuh dan mengatasi pilek, jadi jika sobat sedang pilek sobat bisa menambahkan bawang putih di masakan.

Sebuah penelitian menemukan bahwa kandungan allicin dalam bawang putih mampu mengurangi peluang terkena pilek dan membuat orang yang terjangkit pilek lebih cepat sembuh.

  1. Bisa menjadi ‘antibiotik alami’

Kandungan diallyl sulfide dalam bawang putih ditemukan bisa melawan bakteri Campylobacter penyebab gangguan pencernaan dan bahkan 100 kali lipat lebih efektif daripada antibiotik umum yang sering digunakan.

Manfaat bawang putih yang bisa melawan bakteri tertentu membuatnya berpotensi supaya menjadi alternatif ‘antibiotik alami’.

  1. Mengurangi risiko kanker paru

Orang yang mengonsumsi bawang putih mentah setidaknya dua kali seminggu memiliki risiko terkena kanker paru yang lebih rendah sebesar 44 persen.

Meskipun demikian, penelitian lebih lanjut masih diperlukan supaya memastikan manfaat bawang putih dalam mencegah kanker paru.

  1. Meringankan keracunan timah

Selain kandungan diallyl sulfide, kandungan sulfur dalam bawang putih diyakini mampu melindungi organ tubuh dari kerusakan akibat keracunan logam berat, seperti timah.

Bawang putih ditemukan bisa mengurangi kadar timah dalam darah sebesar 19% pada karyawan yang bekerja di pabrik yang memproduksi baterai supaya mobil.

Tidak hanya kadar timah, bawang putih juga bisa meringankan gejala keracunan, seperti sakit kepala dan sebagainya. Bahkan, pemberian bawang putih sebanyak tiga kali sehari lebih ampuh dalam meringankan gejala keracunan daripada obat D-penicillamine.

  1. Mengurangi kadar kolesterol

Manfaat bawang putih yang lainnya adalah mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL. Pemberian suplemen bawang putih ditemukan mampu mengurangi kadar kolesterol LDL sebanyak 10-15 persen.

  1. Menurunkan tekanan darah

Bagi penderita hipertensi, manfaat bawang putih dalam menurunkan tekanan darah sudah cukup umum diketahui.

Suatu penelitian menemukan bahwa pemberian 600-1.500 miligram ekstrak bawang putih memberikan efek yang setara dalam menurunkan tekanan darah seperti obat Atenolol selama dalam jangka waktu 24 minggu.

Bila Anda ingin menggunakan bawang putih mentah, maka Anda bisa mengonsumsi bawang putih mentah sebanyak empat siung per harinya supaya menurunkan tekanan darah.

  1. Meningkatkan kesehatan tulang pada wanita

Pada tikus betina, pengeroposan tulang bisa ditanggulangi dengan pemberian bawang putih supaya meningkatkan kadar estrogen.

Oleh karenanya, bawang putih berpotensi tidak hanya meningkatkan kadar estrogen tetapi juga bisa mencegah pengeroposan tulang pada wanita. Akan tetapi, masih diperlukan riset lebih lanjut mengenai manfaat bawang putih terhadap tulang.

  1. Mencegah demensia dan Alzheimer

Bawang putih mengandung antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas serta menurunkan risiko  terkena demensia dan Alzheimer.

Manfaat bawang putih dalam mencegah demensia dan Alzheimer dikarenakan kemampuannya dalam mencegah penurunan kognitif dengan melindungi sel saraf.

Namun, serupa dengan manfaat bawang putih terhadap kesehatan tulang, riset mengenai manfaat bawang putih supaya mencegah demensia dan Alzheimer masih perlu studi lebih lanjut.

  1. Mengurangi risiko terkena osteoartritis pinggul

Riset menunjukkan bahwa wanita yang sering mengonsumsi sayuran jenis allium, seperti bawang putih, memiliki risiko terkena osteoartritis pinggul yang lebih rendah.

Riset lebih lanjut masih diperlukan supaya menjadikan bawang putih sebagai pengobatan alternatif supaya osteoartritis pinggul.

  1. Menurunkan peluang terjangkit kanker prostat

Manfaat bawang putih tidak hanya supaya menangkal osteoartritis pinggul, tetapi juga bisa mengurangi peluang terkena kanker prostat. Namun, penelitian tambahan masih dibutuhkan supaya melihat manfaat bawang putih terhadap penurunan risiko kanker prostat.

Itulah beberapa manfaat yang ada ada bawang putih yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia

Semoga Bermanfaat…!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *